HOME
HEADLINE NEWS :
 

Senin

Butuh Ratusan Milyar Meretrofit Pesawat Hibah Australia

0 komentar


JAKARTA - "Pemerintah akan meretrofit empat pesawat C-130 Hercules hibah dari Australia," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

"Biasanya kalau dapat hibah, selalu kami cek, retrofit, kami yakinkan betul bahwa pesawat itu layak terbang," kata Purnomo ketika ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/1).

Menyinggung perkiraan biaya peremajaan pesawat terbang itu, Menhan mengatakan sekitar ratusan miliar untuk empat Hercules. "Saya tak tahu persis karena belum diajukan oleh tim," katanya

Menurut dia, tim dari kedua negara akan bertemu untuk membahas kondisi pesawat dan teknis hibah. Hasil pembicaraan tim itu bisa digunakan untuk mengukur biaya retrofit dan kemampuan keempat pesawat itu setelah diremajakan.

Yusgiantoro menjelaskan, pesawat Hercules hibah itu berjenis "H". Hibah ini juga telah mendapat persetujuan dari negara produsennya, Amerika Serikat.

"Karena aturannya setiap alutsista buatan Amerika, jika mau dihibahkan ke negara lain, harus melapor dulu," katanya. Pesawat hibah ini diproyeksikan untuk menggantikan pesawat Hercules tipe B yang sudah lama dimiliki TNI AU.

TNI AU Berharap Perbaikan Dilakukan di Dalam Negeri
Mabes TNI AU berharap perbaikan pesawat hibah dapat dilakukan di dalam negeri agar dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dalam melakukan perbaikan pesawat sejenis. "Lebih bagus kalau dikerjakan di Bandung, karena sekaligus dapat meningkatkan kemampuan anggota TNI AU," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus di Jakarta, Sabtu (7/1).

Sebelumnya, satu unit pesawat Hercules TNI AU diretrofit di Oklahoma dalam Programmed Depot Maintenance di hanggar perusahaan swasta ARINC. Kedepannya direncanakan dua unit Hercules lainnya akan juga diperbaiki.

Menurut Azman, teknisi TNI AU sebenarnya telah memiliki kemampuan untuk memperbaiki pesawat Hercules. Namun begitu, kemampuan tersebut tidak didukung dengan fasilitas dan peralatan pendukung. "Sudah mampu memperbaiki, hanya alat-alat yang dibutuhkan tidak ada. Kalau beli, tentunya jauh lebih mahal, lebih baik kita gunakan orang lain,"terangnya.
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    About Me

    Foto saya

    Ervanda Saputra / Ungo
    Pemilik Webblog ini Ervanda Saputra atau lebih dikenal dengan gelar Ungo, ungo mulai terjun didunia bloging sejak
    pertengahan tahun 2007, awalnya ungo memag tidak mengenal yang namanya internet apalagi dengan bloging ini..! Selengkapnya

    Followers

    Pengikut G+

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis