HOME
HEADLINE NEWS :
 

Senin

Konsep Desain Visual Dan Layout Halaman web

0 komentar
Pada halaman web terdapat beberapa format tampilan visual seperti ukuran huruf, warna dan gambar lainnya sebagai petunjuk identitas dari informasi yang disampaikan pada situs web.

Konsep Desain Visual dapat kita lihat pada setiap majalah, buku atau newsletter pada permulaan tampilan halamannya terdapat sebuah gambar logo khusus atau judul hingga penomoran halaman dengan tata letak yang sama. Begitu juga pada tampilan halaman web, berbagai tipe huruf dan gambar menjelaskan maksud dari isi informasi yang akan disampaikan. Seperti tampilan huruf dengan ukuran yang lebih besar menunjukan sebuah sesi baru pada suatu informasi atau cerita. Juga sebaris kalimat yang terdapat dibawah gambar atau photo.

Berikut beberapa format tampilan yang terdapat pada suatu halaman web beserta maksud dan tujuannya :

Banner/ Logo
Sebuah banner atau logo merupakan tampilan awal pada sebuah halaman web. Hal ini merupakan suatu identitas khusus bagi situs web sehingga dapat mengingatkan audiens, sedang berada di situs web manakah mereka berada. Buatlah sebuah logo yang unik dan menarik sehingga ketika ditampilkan menjadi daya tarik pada audiens untuk mengetahui lebih lanjut.

Statement of Purpose
Sebaris kalimat pada tampilan awal web dengan maksud untuk menjelaskan pertama kali kepada audiens, untuk apa dan siapa situs web tersebut ditujukan.

Table of Content
Merupakan tampilan daftar isi pada sebuah halaman web yang dimaksudkan sebagai petunjuk informasi apa yang akan dilihat oleh audiens. Seperti halnya daftar isi pada sebuah buku yang menunjukan letak halaman pada setiap topik yang dimaksud. Pada halaman web dibuat beberapa teks yang saling berhubungan (hyperlink) dengan warna huruf yang dibedakan. Audiens tinggal meng-klik-nya untuk menuju tampilan yang diinginkan.

Publication Information
Bila Anda membuat situs web media informasi on-line yang selalu dirubah tampilannya (update) pada waktu tertentu, apakah setiap hari, minggu atau bulan. Maka perlu ditambahkan informasi tentang volume, edisi dan tanggal kapan dilakukan update terakhir kali beserta judul topik yang dipublikasikan.

Masthead/Credits
Menjelaskan kepada audiens tentang siapa saja yang ikut terlibat dalam pembuatan situs web tersebut. Bila Anda membuatnya sendiri sertakan sebuah ‘link’ yang menunjukan profil pribadi untuk menjelaskannya.

Contact Information
Bila Anda bermaksud menjual suatu produk pada audiens melalui situs web sehingga mereka tertarik untuk membelinya. Bagaimana dan dimana barang tersebut bisa didapatkan ? Disinilah maksud informasi kontak dibuat yaitu untuk melakukan transaksi lebih lanjut antara Anda dan audiens

Buatlah sebuah ‘link’ yang meliputi informasi :

* nama perusahaan
* alamat perusahaan
* no. telepon perusahaan
* no. faksimili perusahaan
* alamat e-mail perusahaan
* daftar kontak personel yang berhubungan dengan informasi yang dibutuhkan

Kickers
yaitu sebuah kalimat pendek atau sebuah image yang merupakan gambaran kepada audiens ke arah informasi atau berita yang akan disampaikan. Mereka tinggal meng-klik, selanjutnya akan dihubungkan pada pokok berita yang dimaksud.

Headlines
Merupakan pokok bahasan terhadap suatu kategori informasi tertentu pada situs web. Sebaiknya gunakan kalimat yang singkat dan jelas serta mempunyai konotatif yang positif untuk meyakinkan audiens, misalnya kalimat It’s the easy way ! dengan maksud untuk menggambarkan apa yang akan disampaikan dan dengan kalimat tersebut bisa menghemat ruang pada halaman web.

Subheads/Subtitles
Merupakan bagian dari pokok bahasan (headlines) yang berfungsi sebagai pembatas dan memberikan peluang pada audiens untuk berhenti sejenak ketika membaca isi dari informasi yang diberikan.

Lead-ins dan pull-quotes
Sama fungsinya dengan kickers, yaitu kata pengantar pada sebuah topik yang
dimaksud. Leads-ins dan pull-quotes ini dibuat agar audience mengetahui intisari dari informasi yang disampaikan.

Teasers
Merupakan sebuah kalimat yang menggoda perhatian audiens agar tertarik untuk mengunjungi ‘link’ situs Anda yang lain.

Misalnya kalimat “Download Ebook komputer Gratis“, atau ‘Software Anti Nyamuk’ atau kalimat menarik lainnya.

Artwork/Photographs
Tampilan gambar atau foto yang menceritakan maksud dari informasi yang
disampaikan pada halaman web. Hal yang harus diperhatikan ketika menyertakan tampilan gambar atau foto pada halaman web yaitu besar atau kecilnya ukuran byte. Tampilan yang baik adalah yang mudah dan cepat untuk diakses pada browser audiens Anda.

Captions
Merupakan sebuah kalimat yang menerangkan sebuah gambar atau foto. Seperti halnya pada surat kabar, dibawah setiap gambar yang ditampilkan berisi sebaris kalimat atau komentar yang bermaksud memperjelas informasi yang disampaikan.

Jumplines
Merupakan sebuah tanda yang menunjukan sambungan cerita atau informasi pada salah satu halaman web.

Biasanya berupa tulisan atau gambar yang bertuliskan,

* ‘next’ : untuk melanjutkan halaman ke muka
* ‘back’ : untuk kembali ke halaman semula
* ‘to the top’ : untuk kembali ke awal paragraf halaman.

Page numbers
Seperti halnya pada sebuah buku atau majalah, penomoran halaman pada web merupakan petunjuk bagi audiens untuk menemukan urutan informasi yang disampaikan.

LAYOUT
Layout adalah merupakan tampilan gambar dan teks pada suatu halaman web yang tersusun sehingga enak untuk dilihat dan dibaca.

Bagaimana langkah kerja untuk membuat sebuah layout yang baik ? Buat garis bantu (gridlines) untuk menentukan kolom halaman.

Untuk layout pada media cetak biasanya digunakan sebuah program editor seperti Page Maker atau Quark XPress. Jika untuk halaman web Anda menggunakan program HTML editor seperti Front Page, gunakan perintah ‘draw table’ untuk membuat garis bantu pada layout dengan menentukan lebar border = 0 untuk tampilan tabel tanpa gambar garis pada browser.

Garis bantu ini dibuat untuk menentukan dengan mudah dimana logo atau gambar disisipkan, juga format teks dan lainnya disusun dalam satu halaman.
Hal yang harus diperhatikan bahwa format layout untuk web berbeda secara teknis dengan format layout media cetak biasa. Anda harus bisa mengontrol besar kecilnya tampilan pada browser di layar monitor.

Usahakan agar format teks maupun gambar tetap teratur tidak berantakan meskipun tampilan ukuran windows diperkecil. Untuk menentukannya gunakan opsi ‘no wrap’ yang terdapat dalam cell properties pada Front Page editor. Perhatikan juga lebar minimal layar monitor yang banyak digunakan audiens, biasanya berukuran 14 inch yang bila dibandingkan dengan ukuran standar sebuah kertas cetak tampilannya akan nampak lebih kecil.

Apa akibatnya jika tampilan layout lebih besar ukurannya daripada browser ? maka selain kurang menarik untuk dilihat, sebagian format halaman akan hilang.

Penggunaan Tabel dan Frame
Memanfaatkan tabel atau frame pada halaman web berfungsi untuk melakukan kontrol pada setiap tampilan format image maupun teks.

Menggunakan tampilan gambar
Anda bisa memanfaatkan gambar untuk mengontrol tampilan layout pada halaman web.

Free-form Layout
Bila Anda bermaksud membuat suatu tampilan halaman web “Layout Halaman web” tanpa perhitungan ukuran yang pasti untuk setiap format teks dan gambar, buatlah sebuah layout dalam bentuk bebas.
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    Followers

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis