HOME
HEADLINE NEWS :
 

Jumat

Makalah Keperawatan Dasar

0 komentar
PENDAHULUAN
Perawatan adalah pelayanan esensial yang diberikan oleh perawat terhadap individu, keluarga dan masyarakat yang mempunyai masalah kesehatan. Berdasarkan ilmu, artinya perawatan harus dilandasi dan menggunakan ilmu perawatan dan kiat keperawatan yang mempelajari bentuk dan sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia suatu upaya keperawatan dan penyembuhan. Berdasarkan kiat artinya perawat lebih difokuskan pada kemampuan perawat untuk memberikan asuhan keperawatan secara komperehensip dengan sentuhan seni.
Keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional sebagai bagian integral pelayan kesehatan yang berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan meliputi aspek biologis, psikologis, sosial, dan spiritual yang bersifat kompherensip, ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat yang sehat maupun yang sakit mencakup hidup manusia untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Keperawatan bersifat kompherensip artinya pelayanan keperawatan bersifat menyeluruh, meliputi aspek “ Manusia biopsiko sosial dan spiritua ”.
Secara umum keperawatan adalah merupakan suatau indentifikasi seni. Istilah seni berarti ketrampilan praktik yang diperoleh melalui pengamatan/ pengalaman.
BAB I
PENGERTIAN
Ilmu keperawatan adalah sintesa dari ilmu keperawatan dasar, ilmu keperawatan klinik, ilmu biomedik, ilmu psikologi dan sosial.
Teori Keperawatan
@ Teori keperawatan (Taylor C. dkk)
Sebagai usaha untuk menguraikan dan menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan.
@ Teori keperawatan (Steven)
Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, memperkirakan dan mengontrol hasil usaha atau pelayanan keperawatan yang dilakukan.
@ Teori keperawatan (Newman)
Ada tiga cara pendekatan dalam pengembangan dan pembentukan teori keperawatan yaitu meninjau teori-teori dari disiplin ilmu lain yang relevan dengan tujuan untuk mengintegrasikan teori-teori kedalam ilmu keperawatan, menganalisa situasi praktek keperawatan dalam rangka mencapai konsep yang berkaitan dengan praktek keperawatan dan menciptakan suatu  kerangka konsep yang memungkinkan pengembangan teori keperawatan.
Proses Keperawatan
@ Wolf and Weitzel
Proses perawatan adalah serangkaian perbuatan atau tindakan untuk menetapkan, merencanakan, melaksanakan pelayanan keperawatan dalam rangka membantu klien untuk mencapai dan memelihara kesehatannya secara optimal.
@ Ann Martiner
Proses keperawatan adalah penerapan pemecahan masalah secara ilmiah untuk mengidentifikasi masalah-masalah pasien, merencanakan secara sistematis dan melaksanakannya serta mengevaluasi hasil tindakan keperawatan yang telah dilaksanakan.
@ Malinda Muraray
Proses keperawatan adalah metode kerja dalam pemberian pelayanan keperawatan untuk menganalisa masalah pasien secara sistematis, menentukan cara pemecahannya, tindakan dan mengevaluasi hasil tindakan yang telah dilaksankan.
@ Yura
Proses keperawatan adalah tindakan yang berurutan, dilakukan secara sistematik, untuk menentukan masalah pasien, membuat perencanaan untuk mengatasinya, melaksankan rencana itu atau menugaskan orang lain melaksanakannya dan mengevaluasi keberhasilan secara efektif terhadap masalah yang diatasinya.
@ Herbal
Proses keperawatan adalah metode ilmiah yang digunakan  secara sistematik untuk mengkaji dan mendiaknosa status kesehatan pasien, merumuskan masalah yang dicapai, menentukan intervensi dan mengevaluasi ilmu dan hasil asuhan yang dilakukan terhadap pasien.
BAB II
KARAKTERISTIK
  • Teori keperawatan mengidentifikasikan dan didefinisikan sebagai hubungan yang spesifik dari konsep keperawatan, seperti hubungan antara konsep manusia, konsep sehat sakit, keperawatan, dan konsep lingkungan.
  • Teori keperawatan harus bersifat imlah, artinya teori keperawatan digunakan dengan alasan atau rasional yang jelas dan dikembangkan dengan menggunakan cara berpikir yang logis.
  • Teori Keperawatan bersifat sederhana dan umum. Artinya teori keperawatan dapat digunaklana pada masalah sederhana maupun masalah kesehatan yang  komplek sesuai dengan situasi praktek keperawatan.
  • Teori keperawatan berperan dalam rangka memperkaya body Knowledge keperawatan yang dilakukan melalui penelitian.
  • Teori keperawatan menjadi pedoman dan berperan dalam memperbaiki praktek keperawatan.
BAB III
KEPERAWATAN DASAR
Keperawatan dasar adalah hal yang penting dalam perawatan manusia yang saling berhubungan. Kita setiap harinya berhubungan dengan sesama kita dan bagaimanapun kita akan juga bertanggung jawab terhadap orang-orang yang berada dalam jaringan lingkungan sosial kita yang relatif kecil itu. Kita sendiri kadang-kadang juga tergantung pada orang lain.
Perawatan dasar sebenarnya bersumber pada “ Tugas dasar ketiga dari kemanusiaan”. Sebagai manusia yang berada bersama dengan manusia lain. Manusia memperoleh pengalaman dalam pengembangan kepribadiannya, justru karena berhubungan dengan orang lain. Karena perawatan dari orang lain, manusia dapat berkembang dari seorang bayi menjadi orang dewasa.
Perawatan Dasar yang diberikan orang lain terhadap kita, secara perlahankita pelajari dan mengambil alih untuk kemudian dijadikan perawatan diri. Keterangan selanjutnya dari pengertian “ Perawatan dasar” berasal dari “Prof. Hattinya Veschure” yaitu semua perawatan yang diberrikan dan diterima seseorang dalam batas “ lingkungan sosial yang kecil diman individu tersebut termasuk didalamnya, didasarkan pada keinginan membantusatu sama lain”.
Jadi, syarat perawatan dasar adalah adanya suatu struktur lingkungan sosial yang kecil dan kesediaan untuk melakukan sesuatu bagi mereka.
KARAKTERISTIK KEPERAWATAN DASAR
Kita bertolak dari penjelasan Prof. Hattinya Veschure :
-         Perawatan dasar mengarah pada keinginan untuk merawat orang lain. Dalam perawatan dasar terdapat kesediaan untuk membantu atau dibantu, yang berarti bahwa secara prinsip orang bersedia memberi bantuan sebagai umpan balik atas bantuan (Perawatan dasar) yang telah disediakan.
-         Orang-orang yang terlibat didalamnya saling mengenal juga hubungan dalam perawatan bukan satu-satunya hubungan yang ada diantara mereka, mengenal masing-masing seperti mengenal sesama anggota keluarga atau bagaikan mengenal sesama anggota perkumpulan hobby dan sebagainya. Perawatan dasar memerlukan jangka waktu yang lebih panjang. Pada perawatan dasar ada kemungkinan bahwa hubungan pribadi ada didalamnya. Ada suatu hubungan emosi yang hangat diantara pribadi yang terlibat.
-         Sepanjang manusia ada, selama itu juga masih diperlukan perawatan dasar, untuk itu uorang tidak perlu menjalani suatu pendidikan tertentu. Yang penting disini adalah berusaha ikut membantu menciptakan suatu suasana dimana orang yang bersangkutan merasa aman dan tentram.
BAB IV
SUMBER ILMU KEPERAWATAN
Ilmu keperawatan disadur atau berasal dari berbagai macam buku dan pendapat para ahli dunia keperawatan. Namun yang pertama kali mengemukakan pendapat pengenal keperawatan adalah “Florence Nithingale” yang berkata bahwa : Seseorang menderita sakit apabila itu adalah akibat dari faktor lingkungan.
Demikian pila dengan “ Orlando “. Yang terkenal dengan pendapatnya yaitu : “ Delierate nursing approach “, dan masih banyak pendapat para ahli keperawatan lainnya. Tapi meskipun para ahli tersebut pendapatnya berbeda, namun sesungguhnya pendapat mereka mengenai keperawatan dan ilmu keperawatan adalah sama.
KESIMPULAN
-         Suatu pendekatan sistematik untuk mengenal masalah-masalah pasien dan mencari alternatif pemecahan masalah dalam memenuhi kebutuhan pasien.
-         Merupakan proses pemecahan masalah yang dinamis dalam memperbaiki dan meningkatkan kesehatan pasien sampai ketahap maksimum.
-         Merupakan pendekatan ilmiah.
-         Terdiri dari empat tahap yaitu : pengkajian, perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.
-         Ilmu keperawatan adalah sintesa dari ilmu keperawatan dasar, ilmu keperawatan klinik, ilmu biomedik, ilmu psikologi dan sosial.
-         Ilmu keperawatan adalah berasal dari berbagai macam buku dan berbagai pendapat dari para ahli keperawatan.
-         Keperawatan dasar adalah hal yang penting dalam perawatan manusia yang saling berhubungan.
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    Followers

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis