HOME
HEADLINE NEWS :
 

Sabtu

PSSI Jatuhkan Hukuman untuk Persipura

0 komentar
SIObola.com Jakarta - Komisi Disiplin PSSI kembali menjatuhkan hukuman kepada klub yang berlaga diluar kompetisi Indonesia Primer League. Kali ini giliran Persipura Jayapura yang dihukum diskualifikasi dari IPL dan degradasi ke divisi utama untuk musim depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Agus Catur Saptono kepada wartawan di kantor PSSI, Jumat (13/1/2012). 'Tim Mutiara Hitam' dinilai oleh Komdis telah melakukan pelanggaran karena menolak bertanding melawan Arema pada 26 November 2011.

''Komdis hari ini telah bersidang dari pukul 10, sampai tadi setengah 6 sore, yang telah menghasilkan 3 kategori keputusan untuk Persipura Jayapura,'' ujar Catur.

"Melalui surat putusan nomor 13/F/KD/FDL/XII/2012, Persipura Jayapura dikenakan sansi sebagai berikut: Didiskulifikasi dari Indonesia Primer League (IPL) 2011/2012. Degradasi ke Divisi Utama musim 2012/2013 dan denda Rp 500 juta. Larangan transfer pemain maupun aktivitas Transfer Matching System (TMS)."

Sebelumnya, PSSI telah menghukum beberapa klub yang berpaling ke ISL. Kedelapan klub tersebut adalah Persib Bandung, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, PSPS Pekanbaru, Deltras Sidoarjo, dan Pelita Jaya FC. Lalu, yang terakhir adalah Sriwijaya FC, Persita Tangerang, dan PSIM Yogyakarta.

Persipura diberikan kesempatan untuk mengajukan banding tiga hari dari hari ini, dan tujuh hari untuk menyampaikan memori banding

Selain menghukum 11 klub, Komdis juga menghukum perangkat pertandingan. Total ada 80 perangkat pertandingan yang dijatuhi hukuman. Yakni, 16 pengawas pertandingan, 20 wasit, dan 44 asisten wasit.

Catur menjelaskan, hukuman tersebut dijatuhkan karena mereka dianggap telah memimpin pertandingan di luar yuridiksi PSSI dan tidak dapat izin dari PSSI, AFC, dan FIFA.

Pasal yang dipakai untuk menjerat mereka di antaranya, pasal 2 ayat 3 Kode Disiplin, pasal 3 ayat 4 Statuta PSSI, pasal 6 ayat 2 Statuta PSSI, pasal 9 Statuta PSSI, dan pasal 68 ayat 2 huruf B angka 6 Statuta PSSI.

"Mereka tidak perlu dipanggil karena bersifat masif. Mereka dihukum berupa sanksi larangan tiga tahun beraktifitas di sepakbola dalam lingkup PSSI. Mereka boleh banding," ungkap Catur.

Tidak hanya itu, Catur juga menjatuhkan hukuman kepada pemain Persija IPL, Emmanuel De Porras, terkait pemukulan yang dilakukannya terhadap Gunawan Dwi Cahyo, saat pertandingan Persija melawan Arema tanggal 7 Januari lalu.

''Kita sudah secara bersama-sama melihat rekaman pertandingan, ia awalnya bilang mendapat pukulan, tapi ia tidak bisa mengelak, ia pun menyesal dan meminta maaf,'' lanjutnya.

''Kami menetapkan berupa larangan bermain selama tiga kali pertandingan dan denda 50 juta, yang segera ditransfer ke rekening PSSI. Apabila sampai tanggal 13 Februari denda belum dibayar, ia dinyatakan pemain tidak sah,'' tegas Catur.
(dtc/roz)
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    About Me

    Foto saya

    Ervanda Saputra / Ungo
    Pemilik Webblog ini Ervanda Saputra atau lebih dikenal dengan gelar Ungo, ungo mulai terjun didunia bloging sejak
    pertengahan tahun 2007, awalnya ungo memag tidak mengenal yang namanya internet apalagi dengan bloging ini..! Selengkapnya

    Followers

    Pengikut G+

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis