HOME
HEADLINE NEWS :
 

Minggu

Contoh Makalah Ekonomi Macro

1 komentar
KATA PENGANTAR 
Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena bimbingan dan penyertaan-Nya, sehingga kelompok ini dapat merampung makalah ini guna memenuhi tugas yang diberikan Dosen pengajar pada Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen UNTL.
 Kelompok ini menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna disebabkan karena terbatasnya kemampuan pengetahuan baik teori maupun praktek. Dengan demikian kelompok ini mengahrapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca guna memperbaiki dan menyempurnakan panulisan makalah ini.         
            Tak lupa pula kelompok ini mengucapkan limpah terima kasih kepada Dosen pembimbing dan pengajar mata kuliah Bapak Mateus Soares, SE yang dengan kesabaran dan kelebihannya telah mengajar kelompok ini. Tak lupa pula kelompok ini ucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang turut membantu penyelesain makalah ini. Olek karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharakan kelompok ini guna tercapainya sebuah makalah yang baik. Kiranya yang Maha Kuasa tetap menyertai kita sekalian, dengan harapan pula agar karya ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkannya.                                                                                             Dili,     Fevereiro 2010                                                                                                     Penulis

DAFTAR ISI 
KATA PENGANTAR      
DAFTAR ISI  
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
1.2.   Perumusan Masalah
1.3.   Ruang Lingkup Masalah
1.4.   Tujuan dan Kegunaan Penelitian
 BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
       2.1  Landasan Teori
    
BAB III PEMBAHASAN 
           
BAB IV PENUTUP
4.1   Kesimpulan
4.2   Saran    
 DAFTAR PUSTAKA

BAB I 
PENDAHULUAN 
1.1              LATAR BELAKANG 
Ilmu ekonomi Mikro adalah cabang dari ilmu Ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga – harga dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang di perjual belikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atasa barang dan jasa, yang akan menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama – sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama 
Kebalikan dari ekonomi mikro ialah ekonomi makro, yang membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengaruhan, pengangguran, berbagai kebijaka perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam  tindakan pemerintah terhadap hal – hal tersebut. 
1.2              TUJUAN 
Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang membutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang – bidang penelitian yang terpenting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasan mengenai keseimbangan umum, keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produksi dalam sistem pasar.

BAB II 

PEMBAHASAN
 
PENERAPAN EKONOMI MIKRO
Ekonomi mikro yang diterapkan termasuk area besar belajar, banyak diantaranya menggambarkan metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajari topik sperti masuk dan keluar dari firma, inovasi, aturan merek dagang. Hukum dan Ekonomi menerapkan prinsip ekonomi mikro ke pemilihan dan penguatan dari berkompetisi dengan rezim legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajari upah, kepegawaian, dan dinamika pasar buruh. Finansial publik mempelajari rancangan dari pajak pemerintah dan kebijakan pengeluaran dan efek ekonomi dari kebijakan – kebijaka tersebut.Ekonomi kesehatan mempelajari organisasi dari sistem kesehatan, termasuk peran dari pegawai kesahatan dan program asuransi kesehatan. Politik Ekonomi mempelajari peran dari institusi politik dalam menentukan keluarnya sebuah kebijakan. Ekonomi Kependudukan, yang mempelajari tantangan yang dihadapi oleh kota – kota, seperti gepeng, polusi air dan udara, kemacetan lalu-lintas, dan kemiskinan, digambarkan dalam geografi kependudukan dan sosiologi. Finansial Ekonomi mempelajari topik seperti struktura dari portofolio yang optimal, rasio dari finansial korporat. Bidang Sejarah Ekonomi mempelajari evolusi dari ekonomi dan institusi ekonomi, menggunakan metode dan teknik dari bidang ekonomi, sejarah, geografi, sosiologi, psikologi dan ilmu politik.

 

BAB III
PENUTUP
  KESIMPULAN Jadi Ekonomi mikro yang diterapkan termasuk area besar belajar, banyak diantaranya menggambarkan metode dari yang lainnya. Regulasi dan organisasi industri mempelajari topik seperti masuk keluar dari firma, inovasi, aturan merek dagang.
Hukum dan Ekonomi menerapkan prinsip ekonomi mikro ke pemilihan dan penguatan dari berkompetisi dengan rezim legal dan efisiensi relatifnya. Ekonomi perburuhan mempelajari upah, kepegawaian, dan dinamika pasar buruh.
  4.1        SARAN
 Berdasarkan pembahasan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan beberapa saran yang mungkin dapat dipertimbangkan oleh pihak produsen bahwa kepuasan pelanggan sangatlah penting, jika kita kehilangan satu pelanggan saja berarti kita sudah kehilangan kepercayaan dari konsumen yang lainnya karena dari pelanggan dan konsumenlah orang mengetahui produk tersebut, oleh karena itu berusahalah untuk menerima pengaduan dari kata yang bersifat negatif. DAFTAR PUSTAKA R. L. Day (ed.), Costumer Satisfaction, disatisfaction aand Comlaining Behavior, Bloomington, IN: Indiana University Press.Greenberg, J. (1982), “Approaching Equity and avoiding inequity in Groups and Organization,”J. Greenberg and R. L. Cohen (eds), Equity and justice in Social Behavior, New York, NY: Springer-Verlag.
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    1 komentar:

    1. I'm impressed, I must say. Seldom do I come across a blog that's both educative and entertаіning, and lеt me tеll уou, yοu
      hаve hit the nail on the head. The issue is something
      too few people are speaking intelligently about.
      I'm very happy I came across this in my search for something relating to this.
      Feel free to visit my blog ... permanent hair Removal

      BalasHapus

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    Followers

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis