HOME
HEADLINE NEWS :
 

Kamis

Gejala Kencing Manis (Diabetes Mellitus [DM] )

0 komentar
Kencing Manis (Diabetes Mellitus [DM] ) adalah salah satu penyakit metabolik dimana terjadi gangguan dalam metabolisme glukosa (gula) umumnya karena tidak seimbangnya produksi insulin, terjadi penumpukan gula di dalam tubuh khususnya dalam darah tapi rendah di dalam sel. Misalkan saja gula itu adalah pasir dan insulin adalah truk pengangkut sedangkan sel adalah toko, jika jumlah pasir [gula] berlebihan sedangkan truk pengangkut (insulin) sedikit atau bermasalah maka toko [sel] akan kekurangan stok pasir [gula], intinya di dalam darah kadar gula tinggi tapi rendah di dalam sel.

Istilah ini mungkin sudah banyak yang paham untuk itu eMingko Blog tidak membahas panjang lebar mengenai definisi dari penyakit diabetes ini namun lebih mengarah pada gejalannya mengapa orang Diabetes atau kencing manis sering kencing [poliuri], sering lapar [polipagi] dan sering haus/minum (polidipsi)

Sering makan / lapar
Untuk mengetahui kenapa seorang dengan penyakit DM sering merasa lapar bisa kita lihat pada definisi DM diatas, karena sel kekurangan pasokan gula [sumber energi] maka dia akan memberi laporan ke otak, lalu otak akan memerintahkan beberapa organ khususnya lambung untuk memproduksi asam lambung, ini yang membuat kita menjadi lapar agar kita cepat-cepat makan untuk menambah makan [sumber energi], walaupun banyak makan penderita DM akan tetap merasa lapar karena sumber energi glukosa dari makanan tidak sampai ke sel, menumpuk di darah. Ini juga salah satu alasan mengapa orang dengan DM harus menghindari luka, karena jika terluka sel tidak bisa memperbaiki diri [sembuh] dengan baik karena tidak cukup energi.

Sering Kencing
Bukan cuma sering tapi juga banyak begitulah gejala dini dari penyakit diabetes mellitus, mengapa bisa terjadi demikian? Air biasa dibandingkan dengan air yang diberi banyak gula tentu lebih pekat air yang mengandung banyak gula, begitu juga dengan darah. Pada penderita DM darah yang berada di pembuluh darahnya lebih pekat sehingga menarik cairan yang berada di dalam sel menyebabkan volumenya meningkat. Karena volume darah dalam pembuluh darah tinggi ketika dia disaring oleh ginjal akan menghasilkan urine [air kencing] yang banyak. Itulah mengapa penderita DM sering dan banyak kencing, istilah ini disebut poliuri.

Sering Haus / Minum
Seperti yang kita ketahui tadi sebagian besar cairan sel ditarik oleh darah yang kental masuk ke dalam pembuluh darah maka sel akan kekurangan cairan, maka secara otomatis sel akan melapor ke otak bahwa dia mengalami kekurangan cairan, dan otak akan merespon dengan mengaktifkan beberapa hormon sehingga timbullah rasa haus agar kita segera minum, istilah ini disebut polidipsi.

Ini hanya ulasan secara sederhana mengenai gejala kencing manis atau DM, setidaknya dengan begini kita lebih mengenal penyakit yang menjadi momok [mematikan] bagi masyarakat dunia saat ini.
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    About Me

    Foto Saya

    Ervanda Saputra / Ungo
    Pemilik Webblog ini Ervanda Saputra atau lebih dikenal dengan gelar Ungo, ungo mulai terjun didunia bloging sejak
    pertengahan tahun 2007, awalnya ungo memag tidak mengenal yang namanya internet apalagi dengan bloging ini..! Selengkapnya

    Followers

    Pengikut G+

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis