HOME
HEADLINE NEWS :
 

Sabtu

Kilasan Sejarah PSSI

0 komentar
PSSI didirikan oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo, yang lulus di Jerman dan kembali ke Indonesia pada 1928.

Di Indonesia, dia bekerja di perusahaan Belanda di Yogyakarta dan menjadi orang pertama di Indonesia yang bekerja di sebuah perusahaan. Namun, kemudian ia mengundurkan diri dari perusahaan dan menjadi lebih aktif dalam gerakan revolusioner.

Sebagai manusia yang mencintai sepakbola, dia menyadari bahwa sepak bola dapat menjadi salah satu senjata untuk mengumpulkan orang-orang Indonesia dan mengusir penjajah Belanda keluar meninggalkan Indonesia.

Untuk mencapai misi itu, Soeratin banyak mengadakan pertemuan dengan para pemain sepak bola profesional Indonesia pada waktu itu, kebanyakan melalui kontak pribadi karena mereka ingin menghindari tentara Belanda.

Kemudian, pada pertemuan yang digelar di Jakarta dengan Soeri, Ketua Vetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ), dan para pemain, mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah organisasi sepak bola nasional.

Pada tanggal 19 April 1930, hampir semua organisasi non-nasional, seperti Voetbalbond Indonesische Jakarta (Jakarta), Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (Bandung), Persatuan Sepakbola Mataram (Yogyakarta), Madioensche Voetbal Bond (Madiun), Indonesische Voetbal Bond Magelang (Magelang ), Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (Surabaya), dan Vortenlandsche Voetbal Bond (Solo) yang dikumpulkan pada akhir pertemuan dan memutuskan untuk mendirikan Persatoean Sepakbola Seloeroeh Indonesia (Asosiasi Sepak Bola Indonesia atau PSSI) dengan Soeratin sebagai ketua.

Pada tahun awal terbentuknya PSSI, mereka menggunakan sepak bola sebagai metode untuk melawan kontrol dari penjajah Belanda dengan mengumpulkan semua pemain sepak bola yang kebanyakan adalah laki-laki. Nanti, karena PSSI menjadi lebih kuat.

Dalam 1936, NIVB berubah menjadi NIVU (Nederlandsh Indische Voetbal Unie) dan bekerjasama dengan Belanda.

Pada tahun 1938, dengan nama Hindia Belanda, NIVU mengirim tim ke Piala Dunia 1938. Namun, sebagian besar pemain berasal dari para pemain NIVU, bukan PSSI, walaupun terdapat 9 pemain Tionghoa / Pribumi. Akibatnya, Soeratin menyatakan protes dan ia mau diadakan pertandingan antara NIVU dan PSSI sebelum piala dunia.

Selain itu, ia juga kecewa karena bendera yang digunakan di piala dunia adalah bendera dari NIVU (Belanda). Soeratin kemudian membatalkan kesepakatan dengan NIVU dan Muhammad Rizki di dalam kongres PSSI 1939 di Solo.

Ketika tentara Jepang datang ke Indonesia, PSSI menjadi non aktif karena PSSI diklasifikasikan oleh jepang sebagai Tai Iku Kai dari organisasi atau asosiasi olahraga Jepang.

Liga Indonesia
PSSI memiliki lima liga yang aktif. The premier league dari PSSI adalah Liga Djarum Indonesia, dengan 18 tim yang terdaftar. Liga kelas kedua adalah Divisi Pertama Liga Indonesia, dibagi dalam empat kelompok dengan masing-masing Sembilan tim.

Di sisi lain, liga kelas ketiga, yang disebut Divisi II Liga Indonesia memiliki empat kelompok tetapi hanya empat tim di setiap grup. Namun, masing-masing grup hanya bermain di satu wilayah atau kota, yang pertama adalah kelompok di Tambilahan, kedua berada di Rembang, Pontianak untuk ketiga dan terakhir grup ini di Palu.

Dua kelompok yang lain adalah Liga pemain muda (KU-15) dan Liga wanita. Pada 2008, di liga premier akan diubah menjadi Super liga 18 tim yang terdiri dari atas 9 tim dalam Liga Djarum Indonesia 2007. Super liga tim bermain 34 kali dalam dua putaran dengan pertandingan sistem home and away.

Liga Premier akan menjadi liga divisi kedua yang terdiri dari 34 tim yang dibagi menjadi 2 daerah. Daerah lain adalah Wilayah Timur dan Wilayah Barat dengan 17 tim di setiap tabel.
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    About Me

    Foto saya

    Ervanda Saputra / Ungo
    Pemilik Webblog ini Ervanda Saputra atau lebih dikenal dengan gelar Ungo, ungo mulai terjun didunia bloging sejak
    pertengahan tahun 2007, awalnya ungo memag tidak mengenal yang namanya internet apalagi dengan bloging ini..! Selengkapnya

    Followers

    Pengikut G+

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis