HOME
HEADLINE NEWS :
 

Sabtu

Mari Kenali Senam Yoga

0 komentar
Seni yoga sering disamakan dengan senam. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Sebab, aktivitas ini memang induk dari senam, dan berbagai jenis beladiri, tari, musik, nyanyian, bahkan seni bercinta dan penyembuhan.

Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yuj artinya menghubungkan atau menyatukan. Secara horisontal, berarti menyatukan tubuh-pikiran-jiwa kita dalam keselarasan yang alami. Dalam arti vertikal, berarti menyatukan kesadaran diri kita dengan Tuhan.

Hal terpenting dalam memahami ketrampilan yoga adalah praktik. Ketrampilan ini memberikan dua disiplin praktik, yakni gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh.

Disiplin gerak ini banyak membantu keseimbangan energi dan kenyamanan tubuh untuk kehidupan sehari-hari, bahkan penting untuk peremajaan sel-sel tubuh.

Dalam disiplin diam, yoga memberikan rileksasi, ketenangan, kejernihan pikiran, keceriaan, rasa percaya diri, dan berkembangnya intuisi. Semuanya dapat diraih melalui meditasi yang dilakukan dengan mengatur nafas dan sikap yang sempurna.

Siapapun bisa berlatih, baik pria, wanita, anak-anak, orang dewasa, sehat, cacat. Meskipun demikian, bukan berarti ia bisa dilakukan asal-asalan. Dibutuhkan berbagai persiapan. Jika tidak, maka hasilnya menjadi kurang optimal.

Praktik yoga akan sempurna bila Anda memperhatikan beberapa panduan berikut :

    Tidak melakukannya bila sedang sakit, menstruasi, atau hamil; kecuali melakukan gerakan tertentu yang disarankan. Konsultasikan kondisi Anda dengan instruktur.
    Bila akan melakukan yoga ketika baru bangun tidur, lakukan mandi separuh tubuh (seperti berwudu) atau mandi penuh sebelum berlatih.
    Sebelum berlatih, sebaiknya lakukan pemanasan (vyayam) untuk menghindari kram. Lakukan gerakan secara lambat dan hati-hati. Tidak bergurau dan tertawa selama berlatih, untuk menghindari kram perut.
    Sebaiknya lakukan pemijatan sendiri setelah selesai berlatih. Lanjutkan dengan rileksasi selama beberapa menit.
    Usai melakukan yoga yang disambung dengan pemijatan dan rileksasi, sebaiknya tidak menyentuh air sebelum tidak menyentuh air sebelum beristirahat sekitar 5 menit.
    Tidak melakukan latihan pernafasan (pranayama) sebelum istirahat beberapa saat sampai suhu tubuh normal kembali.
    Nafas dalam yogasana. Pemanasan sebelum berlatih, cukup dilakukan dengan berlari-lari kecil di tempat, seraya mengibaskan jari tangan dan kaki, serta mengayunkan lengan beberapa saat.

Praktik diawali dengan peregangan tubuh, mulai dari leher, bahu, tangan, pinggang, lutut hingga sendi pergelangan kaki. Peregangan leher wajib dilakukan, untuk menghindari pusing selama beryoga dan menjaga kestabilan tubuh. Peregangan dapat dilakukan sambil duduk atau berdiri.

Berikut diantara manfaat Yoga :
1. Lebih feksibel
2. Lebih kuat
3. Memperbaiki postur
4. Melindungi persendian dari rematik dan artritis
5. Melindungi tulang punggung
6. Mencegah osteoporosis
6. Melancarkan peredaran darah
8. Membersihkan limfa
9. Melindungi jantung
10. Menurunkan tekanan darah
11. Menjaga memori
12. Mendatangkan kebahagiaan
13. Menurunkan berat badan
14. Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat
15. Meningkatkan kecerdasan
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    About Me

    Foto saya

    Ervanda Saputra / Ungo
    Pemilik Webblog ini Ervanda Saputra atau lebih dikenal dengan gelar Ungo, ungo mulai terjun didunia bloging sejak
    pertengahan tahun 2007, awalnya ungo memag tidak mengenal yang namanya internet apalagi dengan bloging ini..! Selengkapnya

    Followers

    Pengikut G+

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis