HOME
HEADLINE NEWS :
 

Senin

Kendala Hambatan dalam Menyimak Efektif

1 komentar

Kendala Hambatan dalam Menyimak Efektif Tarigan (dalam Sutari, dkk 1997:117-118) mengemukakan beberapa alasan yang menyebabakan pembelajaran menyimak belum terlaksana dengan baik yaitu:
  1. Pelajaran menyimak relatif baru dinyatakan dalam kurikulum sekolah.
  2. Teori prinsif dan generalisasi mengenai menyimak belum banyak diungkapkan
  3. Pemahaman terhadap apa adan bagaimana menyimak itu masih minim
  4. Buku teks dan buku pegangan guru dalam pelajaran menyimak sangat langka
  5. Guru-guru bahasa Indonesia kurang pengalaman dalam melaksanakan pengajaran menyimak
  6. Bahan pengajaran menyimak sangat kurang
  7. Guru-guru Bahasa Indonesia belum terampil dalam menyusun bahan pengajaran menyimak
  8. Jumlah murid perkelas terlalu besar.
Hambatan-hambatan tersebut semakin bertambah dalam pembelajaran sastra karena adanya anggapan bahwa pembelajaran sastra kurang bermanfaat bagi kehidupan siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran sastra kurang bervariasi sehingga menyebabakan kebosanan pada siswa.Sealin itu,guru cendrung kurang memotivasi siswa untuk belajar sastra dan media untuk pembelajaran sastra kurang mencukupi kebutuhan serta siswa belum mempunyai budaya untuk belajar sastra.

Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang menyimak :
  1. Pemahaman siswa terhadap keterampilan menyimak masih kurang.Siswa kurang memahami teori dan manfaat menyimak.Untuk itu,guru harus memberikan pengetahuan kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan menyimak dan perannya dalam kehidupan mereka.
2. Siswa merasa kurang mendapat manfaat dari belajar menyimak   kurang termotivasi untuk belajar.Hal ini terjadi karena siswa beranggapan bahwa mendengarkan cerita adalah hal biasa yang sering mereka lakukan ketika kecil.Melihat kegiatan ini guru harus memberitahukan manfaat menyimak.
  1. Media pembelajaran menyimak yang kurang mencukupi dan belum dimanfaatkan secara efektif.Media seperti tape recorder jumlahnya terbatas sehingga penggunaannya harus bergantian dan menyesuaikan dengan kegiatan lain yang memanfaatkan media tersebut. Dalam proses belajar mengajar guru terkadang enggan menggunakan media yang ada karena pemanfaatannya memerlukan berbagai persiapan sehingga media tidak difungsikan secara efektif.
  1. Teknik pembelajaran menyimak yang kurang bervariasi. Dalam pembelajaran menyimak guru hanya membacakan teks dan siswa diminta menyimak. Guru seharusnya menerapakan teknik pembelajaran yang lebih bervariasi dan memanfaatkan media yang tersedia.
  1. Jumlah siswa telalu banyakDengan jumlah siswa 40 orang, guru dituntut untuk memilih teknik pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Selain itu, guru harus menguasai pengelolaan kelas secara baik.
  1. Ruang belajar belum menunjang pembelajaran menyimak.Ruang kelas berdekatan dengan jalan raya sehinnga siswa mudah terganggu suara dari luar.Keadaan ini sulit diatasi karena kondisi setiap kelas hampir sama dan belum memiliki laboratorium bahasa
    Jago Copy Blogspot
Unduh Adobe Flash player
Patut saya ucapkan terima kasih kepada sobat, atas kunjungannya ke Jago Copy Blogspot
  • Oya Sobat Qu, Jangan lupa Komentarnya, Like Facebook Jago Copy dan Follow Twitter saya ya.. dibawa ini

    1 komentar:

    1. Ιnсredible quest there. What οcсurred after?
      Good luck!

      Alsο viѕit my wеblоg: More Material

      BalasHapus

    Terima kasih atas kunjungan, Jangan lupa komentarnya

    Lintas Islam

    Selengkapnya »

    Informasi

    Selengkapnya »

    Lintas Budaya

    Selengkapnya »

    Lintas Makalah

    Selengkapnya »
     

    Followers

    Copyright © JAGO COPY BLOGSPOT | All Right Reserved.
    Template By Ervanda.info
    Bloggers - Meet Millions of BloggersHosting Gratis